Solidaritas Pengetahuan dalam Krisis Pandemi  

Ethnolab #2: Solidaritas Pengetahuan dalam Krisis Pandemi  

Berlangsung pada Selasa, 17 Mei 2022, jam 10.00- 15.00 di Kantor KUNCI Study Forum & Collective

Jl. Ngadinegaran MJ III/100 Yogyakarta, 55143 

Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia sejak 2020 menimbulkan banyak kebijakan yang kerap berganti cepat dan membawa dampak yang beragam pada kehidupan sehari-hari. Proses penelitian pun ikut terpengaruh, misalnya banyak orang menjadi terbiasa dengan pengambilan data yang dilakukan secara daring. Beragam pertanyaan lantas muncul:  Pengetahuan seperti apa yang dibutuhkan dan dihasilkan ketika banyak komunitas menghadapi krisis pandemi? Bagaimana cara pengetahuan ini diproduksi dan disebarkan? Data seperti apa yang dibutuhkan dan dengan cara  apa data-data ini seharusnya disampaikan? Apa batasan dari kerja-kerja berbasis riset ini dan manfaatnya, baik pada komunitas yang terlibat maupun di kehidupan sosial secara umum? Bagaimana solidaritas terbentuk lewat kerja-kerja ini? 

Pertanyaan-pertanyaan ini membingkai lokakarya Ethnolab yang akan diselenggarakan kedua kalinya di KUNCI. Ethnolab kali ini bertema: Solidaritas Pengetahuan dalam Krisis Pandemi dan diselenggarakan melalui kerjasama antara KUNCI dan Jaringan Etnografi Terbuka  (JET) yang diinisiasi oleh Benjamin Hegarty dan Annisa R. Beta dari Universitas Melbourne dan PPH Unika Atma Jaya Jakarta. 

Acara ini melibatkan empat narasumber: Ignatius ‘Gambit’ Praptoraharjo (peneliti dan direktur PPH Unika Atma Jaya Jakarta), Masthuriyah Sa'dan (peneliti feminisme Islam dan studi transgender), Sidhi Vhisatya (arsiparis Queer Indonesia Archive), Tamarra (seniman dan mahasiswa sejarah Univ. Sanata Dharma ) dan dipandu oleh Amalia Puri Handayani (PPH Unika Atma Jaya Jakarta),  Benjamin Hegarty (Univ.  Melbourne) dan Ferdiansyah Thajib (Univ. Leipzig, KUNCI). 

Sebagai catatan, lokakarya ini mempersyaratkan tingkat partisipasi yang tinggi. Karena tempat terbatas, untuk mengikuti lokakarya ini silakan mendaftarkan diri dengan mengontak: editor@kunci.or.id dan menyampaikan apa motivasi Anda dalam bergabung. Pendaftaran dibuka sampai tanggal 10 Mei 2022.

Website Ethnolab di sini.